Tips menulis katalog elektronik yang menjual

 

Katalog OnlineSebagai salah satu media yang dapat meningkatkan penjualan, katalog elektronik dapat lebih mempromosikan produk apabila dilengkapi dengan tulisan yang menjual. Copywriting untuk katalog elektronik mempunyai beberapa aturan yang perlu untuk diikuti. Berikut beberapa contohnya!

  • Menjelaskan manfaat

Menulis bahwa produk Anda adalah yang terbaik memang sah-sah saja. Tapi akan lebih mengena jika produk terbaik itu, juga berguna bagi pembaca sehingga mereka tertarik untuk membeli. Memang benar jika spesifikasi harus ditulis. Tetapi spesifikasi teknis seringkali dilewatkan oleh konsumen karena mereka lebih ingin tahu apakah produk tersebut adalah yang mereka butuhkan.

Misalkan Anda menjual shampoo herbal. Akan lebih bermanfaat bagi pembaca, jika mereka mengetahui, apa guna shampoo tersebut. Apakah untuk rambut lebih berkilau, atau untuk mengatasi rambut rontok? Jadi, konsumen akan memahami shampoo mana yang mereka harus beli.

  • Bicaralah pada target market Anda

Setiap generasi memiliki gaya Bahasa yang berbeda, yang mereka gunakan dalam percakapan sehari-hari. Untuk berbicara sesuai usia target market dibutuhkan riset profil pembeli produk Anda. Misalnya, Anda menjual kemeja pria. Tidak mungkin Anda mengatakan bahwa kemeja tersebut membuat penampilan lebih cantik. Karena jelas tidak sesuai dengan target market Anda, kan? Jika katalog elektronik Anda menargetkan anak muda, mereka lebih menyukai tone yang casual, ramah, dan terasa bicara dengan teman sepermainan, sehingga mereka merasakan kedekatan dengan brand Anda.

  • Buat orang penasaran

Judul yang besar di bagian atas katalog Anda menentukan apakah mereka akan membaca lebih lanjut atau tidak. Headline yang atraktif sangat menentukan keputusan seseorang untuk jadi beli atau tidak­. Jadi, pertimbangkan judul dan sub heading yang menarik tidak hanya monoton tentang produk tersebut. Penggunaan tagline yang berukuran besar juga penting untuk menarik perhatian.

  • Jangan sampai typo!

Typo akan sangat mengganggu pengalaman membaca kita. Kesalahan tulis disana-sini hanya akan menyebabkan brand Anda tampak kurang profesional di mata konsumen. Copywriting yang bagus tak hanya menulis saja tetapi juga mengedit (proofread) dan memastikan agar tulisannya enak dibaca dan tidak ada kesalahan.

  • Keep it simple

Tulisan yang lugas sangat penting dalam katalog elektronik. Di era digital dimana semua membutuhkan kecepatan dan ketepatan, sebaiknya tulisan dalam produk Anda tidak membingungkan konsumen. Tidak perlu memakai kata-kata yang wow jika akhirnya malah sulit dimengerti oleh pembaca katalog Anda.

 

 

 

 

 

Leave a Comment