4 Hal mengenai Expired Date yang Jarang Diketahui Orang

Kegunaan Mesin Expired Date

Rata-rata, orang mengenal expired date yang tertera pada makanan kemasan sebagai batas tanggal kedaluwarsa. Artinya setelah melalui tanggal yang tercantum, maka makanan itu tidak boleh dikonsumsi lagi.

Akan tetapi, apakah urusan itu sepenuhnya benar? Bagi mengetahuinya, simak penjelasan tentang istilah-istilah mengenai continuous inkjet printer yang barangkali belum kita ketahui inilah ini.

 

  1. Ada sejumlah istilah guna menyebut tanggal kedaluwarsa. Semuanya memiliki makna yang berbeda, yaitu:

Tanggal “sell by”

Tanggal ini ialah tanggal terakhir produk berada pada level kualitas terbaiknya. Sell by pun menunjukkan hingga kapan produk itu boleh dipajang di toko.

Selama ditabung dengan benar dan kondisinya masih baik (termasuk kesegaran, bau, dan tekstur), produk ini masih dapat dikonsumsi sampai sejumlah hari sesudah tanggal yang tercantum. Meski demikian, konsumen tidak dianjurkan membeli produk yang telah melalui tanggal jatuh tempo.

 

Tanggal “best before (BB)” atau best “if used by”

Ini berarti makanan itu baik dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera pada kemasan. Kesegaran, tekstur, dan rasa produk berada pada tingkat tertingginya sebelum jatuh tempo.

Namun, kita masih dapat mengonsumsinya walau sudah melewati sejumlah hari dari tanggal best before, dengan daftar selama situasi produknya masih baik. Misal tidak terdapat jamur, bau tengik, atau evolusi warna yang mencolok.

 

Tanggal “use by”

Tanggal ini ialah batas akhir konsumsi produk. Setelah melalui tanggal jatuh tempo, makanan akan merasakan penurunan kualitas dan usahakan tidak boleh dikonsumsi lagi.

 

Tanggal kedaluwarsa atau “expiration (exp)”

Tanggal kedaluwarsa lebih tegas menata tentang batas akhir konsumsi produk, karena sehubungan dengan ketenteraman produk. Tanggal kedaluwarsa seringkali dicantumkan pada makanan kaleng dan kemasan.

Makanan kemasan yang sudah melalui tanggal ini dengan kata lain sudah tidak pantas konsumsi dan usahakan segera dilemparkan karena dapat mengakibatkan keracunan.

 

  1. Cara menyimak tanggal best before guna makanan dalam kemasan yang belum dibuka

Banyak orang yang tidak tahu bahwa tanggal best before pada produk makanan melulu berlaku guna produk yang masih tersegel. Jika kemasan telah dibuka, kita tidak dianjurkan mengacu pada tanggal ini sebab makanan telah terkontaminasi udara. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas makanan, terlebih andai makanan tidak ditabung dengan benar.

Untuk menangkal timbulnya jamur serta evolusi rasa dan wewangian pada makanan, usahakan segeralah mengonsumsi produk begitu dibuka. Jika tidak, simpanlah saldo produk dengan benar atau sesuai tuntunan pada kemasan.

 

  1. Menentukan makanan yang masih dapat dikonsumsi walau sudah melalui tanggal best before

Sebenarnya, makanan yang sudah melalui tanggal best before masih dapat dikonsumsi hingga sejumlah hari setelahnya asalkan kemasannya belum dimulai dan kualitasnya masih baik. Hal ini sebab tanggal best before lebih mengacu pada kualitas produk, bukan pada ketenteraman pangannya.

Namun usahakan, tidak jarang kali periksa situasi dan kualitas produk sebelum mengonsumsinya. Jika kita ragu atau mengejar perubahan warna, rasa atau tekstur, usahakan produk dibuang.

 

  1. Ciri-ciri yang mesti diwaspadai berhubungan label best before

Beberapa jenis makanan ingin rentan terkontaminasi, contohnya daging dan ikan segar. Makanan ini usahakan tidak dikonsumsi setelah melalui tanggal best before yang tertera pada kemasannya, sebab rentan terjadi evolusi warna, tekstur, dan aroma. Di samping itu, simaklah pula kemasannya. Jika terdapat kehancuran pada segel atau kemasan produk, usahakan segera dibuang.

Leave a Comment